Budidayakan Kangkung Hidroponik di dalam botol bekas

Budidayakan Kangkung Hidroponik di dalam botol bekas

HidroponikĀ kangkung menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat umum. Dimana Sayuran kangkung merupakan jenis sayur-sayuran Convolvulaceae, Atau tanaman yang dapat tumbuh cepat hingga mudah sekali untuk dibudidayakan.

Sayuran Kangkung tidak memerlukan perlakuan khusus untuk membudidayakannya, Sobat dapat membudidayakan sayuran kangkung didarat atau dengan teknik hidroponik seperti yang akan kita bahas kali ini.

Untuk menggunakan teknik hidroponik, Sobat petanipedia dapat dilakukan di halaman rumah dengan memanfaatkan botol atau baskom untuk tempat membudidayakannya. Oleh karena itu sobat Petanipedia tidak perlu salah dalam cara merawat sayuran kangkung. Berikut akan kita ulas bagaimana teknik hidroponik untuk sayuran kangkung hindda menggunakan media air dan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Tips Budidaya Kankung Hidroponik

Manfaat Budidaya Kangkung Hidroponik

Budidaya kangkung dengan hidroponik banyak sekali manfaatnya selain cara membudidayakannya yang sangat mudah dan juga tidak terlalu memerlukan lajan yang luas. Selain itu sayuran kangkung juga memiliki kandungan antioksida yang tinggi. Kandungan yang terdapat disayuran kangkung ini baik untuk tubuh manusia sebagai penangkal radikal bebas.

Tidak hanya itu saja, Terdapat kandungan asam folat, vitamin A, vitamin C, riboflavin, vitamin B, dan masih banyak lainnya.

Mineral yang terkandung dalam sayuran kangkung meliputi zat besi,mangan,kalsium,magnesium,seng,kalium dan dapat menjadikan proses produksi sel darah merah bertambah. Untuk sobat petanipedia yang memiliki tekanan darah tinggi, Sayuran kangkung juga sangat baik untuk sobat petanipedia konsumsi.

Beberapa manfaat dan keuntungan membudidayakan kangkung dengan teknik hidroponik bisa sobat petanipedia simak sebagai berikut :

1.Tidak Memerlukan Modal Besar

Dengan menggunakan teknik hidroponik, Biaya yang sobat petanipedia keluarkan tidaklah besar. Hanya menggunakan alat dan bahan sangat mudah ditemukan dan sangat murah. Untuk benih kangkung bisa sobat beli ditoko pertanian atau sobat petanipedia klik disini.

2.Tidak Membutuhkan Lahan Luas

Lahan yang luas menjadi faktor kendala bagi kita untuk memulai budidaya kangkung. Namun tidak untuk teknik hidroponik, Lahan yang akan sobat perlukan nanti hanya sebagian saja. Apalagi bagi sobat yang hanya untuk hobi saja.

3.Cara Merawat Mudah

Sudah kita jelaskan diatas bahwa keunggulan sayuran kangkung dengan teknik hidroponik memang sangat mudah untuk merawatnya, Kangkung juga tidak memerlukan perhatian khusus. Perawatan seperti pemupukan dan penyiraman dilakukan secara berkala.

4.Waktu Panen Cepat

Jenis sayuran kangkung memang memiliki masa panen yang sangat cepat. Umur masa panen itu sendiri setelah masuk umur 30 hari sudah dapat dipanen dan dengan jumlah yang banyak. Hal ini sangat menguntungkan bagi sobat petanipedia yang ingin menjadinyak kangkung hidroponik sebagai bisnis atau tambahan pemasukan.

Source : bibitonline

Alat dan Bahan yang digunakan untuk budidaya hidroponik kangkung di dalam botol bekas

  1. Siapkan benih Kangung, Sobat petanipedia bisa membeli ditoko pertanian atau membeli dikami silahkan klik disini.
  2. Botol Bekas
  3. Arang sekam atau pasir dan floral foam
  4. Nutrisi Hidroponik
  5. Pisau atau gunting
  6. Paku atau solder

Cara Membuat Teknik Hidroponik untuk Kangkung di dalam botol bekas

1.Siapkan botol bekas yang telah sobat petanipedia siapkan dan potong menjadi 2 bagian, Dengan perkiraan dari kepala botol sepertiga tinggi botol, dan bagian atas botol diposisikan terbalik. Fungsinya untuk menjadi tempat media sekam. (*Sobat bisa cek gambar diatas)

2.Buatlah lubang pada dasar bagian bawah pot yang akan digunakan. untuk pembuatan lubang ini sendiri, sobat petanipedia dapat menggunakan paku atau solder. Dan pada bagian tutup botol dibuatkan lubang sebagai sirkulasi air, udara dan tempat keluarnya akar. Untuk bagian badan botol sobat petanipedia juga dapat melubangi sebagai sirkulasi udara.

3.Siapkan sekam yang nantinya akan dimasukan dibagian atas botol. Perlu diperhatikan untuk banyaknya sekam ini sobat petanipedia harus sesuaikan dengan jenis ukuran botol yang sobat gunakan.

4.Rendam sekam yang akan sobat gunakan dengan air. Dan waktu rendamnya sekitar 15 sampai 20 menit.

5.Masukan benih kangkung sobat petanipedia tadi kedalam sela-sela sekam, Diusahakan jangan terlalu berdekatan agar dalam proses pertumbuhannya sempurna.

6.Letakan kangkung tersebut dibawah sinar matahari langsung namun juga jangan sampai terkena air hujan.

7.Tahap terakhir jangan lupa untuk diperiksa volume larutan nutrisi, Jangan sampai berkurang dan sobat petanipedia lupa untuk menambahkannya.

Bagamana sobat petanipedia ? sudah siap untuk mencoba membudidayakan kangkung hidroponik ?

Semoga bermanfaat šŸ™‚

 

Share This Post

Post Comment